Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika hanya kepadaNya sajalah kamu menyembah

(QS. An Nahl :114)

Pilus Keju



Share


Rasanya gurih, renyah dan ngejuuu. Sebenarnya pembuatan dan bahan-bahannya sederhana. Cuma butuh kesabaran extra untuk membentuk dan menggorengnya. Adonan yang dibentuk dimasukkan ke dalam minyak dingin, terus dimasak diatas api kecil sampai matang sambil terus diaduk-aduk. Bener-bener enggak sepadan sama makannya :)

Pilus Keju
oleh resep halal

Bahan :
200 gr        Tepung kanji kualitas bagus
150 gr        Keju cheddar, parut halus
2 btr          Telur, kocok lepas
1 sdt          Garam
1 sdm         Maizena
1 sdm         Air es
                 Minyak goreng secukupnya


Cara membuat :

  • Campur tepung kanji, maizena, dan garam, aduk rata. 
  • Tambahkan keju parut, aduk kembali. Masukkan telur, aduk sambil memasukkan air sedikit demi sedikit. Aduk sampai adonan tidak melekat ditangan. Bagi adonan menjadi bulatan sebesar bola golf. Tutup adonan dengan plastik supaya tidak kering. 
  • Tuang minyak goreng yang banyak kedalam penggorengan. Ambil satu bulatan (biarkan sisanya tetap tertutup) dari adonan itu ambil sedikit lagi adonan kira-kira 1/4 sdt, lalu dengan kedua telapak tangan puntir-puntir adonan seperti bentuk cendol.
  • Masukkan langsung ke dalam penggorengan, usahakan adonan terendam minyak. 
  • Lakukan terus hingga adonan habis.
  • Panaskan penggorengan diatas api kecil, diamkan sebentar hingga panas menjalar sampai adonan mengembang dengan sendirinya. kalau adonan sudah terlihat mengapung, aduk-aduk hingga kekuningan dan kering, angkat, tiriskan.

0 comments:

Posting Komentar