Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika hanya kepadaNya sajalah kamu menyembah

(QS. An Nahl :114)

Tips Membuat Puding Lapis



Share

Siapa yang tidak senang disuguhi puding yang berlapis cantik? Dapur resep halal mau bagi-bagi tips agar puding lapis bisa tampil sempurna :


Tips Membuat Puding Lapis

  1. Selain air, puding  juga bisa dibuat dengan santan, susu, youghurt atau jus. Tinggal kombinasikan saja sesuai selera. Nah, jika puding dibuat dengan santan atau susu. Sebaiknya jangan berhenti diaduk selama proses memasaknya. Ini agar cairannya tetap konsisten dan tidak pecah.
  2. Masak adonan agar-agar sampai benar-benar mendidih supaya puding bisa membeku dengan maksimal.
  3. Agar hasil lapisannya rata, sebaiknya sebelum menuang adonan agar ditakar atau ditimbang terlebih dahulu. Juga letakkan loyang ditempat yang benar-benar datar, agar hasil akhir lapisannya tidak miring-miring.
  4. Supaya lapisannya merekat dan tidak lepas saat sudah dingin. Perhatikan saat melapisi adonan. Adonan sebelumnya harus sudah setngah beku dan adonan dituang dalam keadaan mendidih. Nah jika permukaan puding sebelumnya terlanjur membeku kaku. Perlahan kerat-kerat bagian atasnya dengan tusuk gigi sebelum adonan berikutnya dimasukkan.
  5. Untuk puding lapis busa, mengocok putih telurnya jangan terlalu kaku ya. Cairan agar-agar juga harus dalam keadaan hangat bukan panas, saat dicampur dengan putih telur, agar hasilnya rata dan siputih telur tidak matang. Lakukan dengan cepat ya! Karena adonan agar si putih telur ini cepat beku dan tidak bisa dipanaskan lagi.
  6. Terakhir selalu gunakan pisau tajam untuk memotong semua jenis puding, agar hasil  rapi dan cantik.
Oleh: Resep Halal

0 comments:

Posting Komentar