Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika hanya kepadaNya sajalah kamu menyembah

(QS. An Nahl :114)

Trik Mengukus Cake dan Bolu



Share

Membuat cake/bolu dengan cara dikukus memang tidak sesulit seperti membuat cake/bolu yang dipanggang. Dengan memperhatikan trik mengukusnya insya Allah kita bisa menghasilkan cake/bolu kukus yang sempurna :

  1. Pertama-tama selalu pastikan air kukusan sudah dalam kondisi mendidih dan sudah menghasilkan uap yang banyak sebelum loyang adonan dimasukkan. Dan selalu pastikan tutup dandang/kukusan sudah di alasi serbet bersih, agar air uap tidak merusak lapisan atas cake/bolu.
  1. Sebaiknya loyang dialasi dengan kertas roti. Supaya mudah dikeluarkan.
  1. Gunakan api besar ketika mengukus bolu kukus, agar hasilnya mekar sempurna. Sebaliknya gunakan api sedang untuk mengukus brownies dan cake/bolu kukus lapis supaya bagian atasnya tetap mulus rata tidak bergelombang.
  1. Ketika membuat cake/bolu kukus yang berlapis jangan pernah mengeluarkan loyang ketika hendak menambah adonan lapisan berikutnya ya. Biarkan loyang tetap didalam kukusan selama adonan dituang. Ini supaya menjaga agar cake/bolu tidak colapse dan bantat.
  1. Adonan cake/bolu kukus lapis cukup dikukus selama 5-10 menit per lapisnya. Setelah adonannya habis, kukus lagi maksimal 40 menit.
  1. Cake/bolu kukus bisa disimpan di dalam kulkas. Caranya bungkus cake/bolu kedalam plastik. Atau boleh juga masukkan kedalam tupperware. Pastikan ditutup rapat, karena hawa dingin kulkas bisa membuat si cake/bolu kering. Nah, untuk menyantapnya cukup dikukus kembali selama kurang lebih 5-10 menitan. Bolu kukus hangat pun siap disantap kembali.
Oleh: Resep Halal

0 comments:

Poskan Komentar