Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika hanya kepadaNya sajalah kamu menyembah

(QS. An Nahl :114)

Trik Mengukus Cake dan Bolu



Share

Membuat cake/bolu dengan cara dikukus memang tidak sesulit seperti membuat cake/bolu yang dipanggang. Dengan memperhatikan trik mengukusnya insya Allah kita bisa menghasilkan cake/bolu kukus yang sempurna :

  1. Pertama-tama selalu pastikan air kukusan sudah dalam kondisi mendidih dan sudah menghasilkan uap yang banyak sebelum loyang adonan dimasukkan. Dan selalu pastikan tutup dandang/kukusan sudah di alasi serbet bersih, agar air uap tidak merusak lapisan atas cake/bolu.
  1. Sebaiknya loyang dialasi dengan kertas roti. Supaya mudah dikeluarkan.
  1. Gunakan api besar ketika mengukus bolu kukus, agar hasilnya mekar sempurna. Sebaliknya gunakan api sedang untuk mengukus brownies dan cake/bolu kukus lapis supaya bagian atasnya tetap mulus rata tidak bergelombang.
  1. Ketika membuat cake/bolu kukus yang berlapis jangan pernah mengeluarkan loyang ketika hendak menambah adonan lapisan berikutnya ya. Biarkan loyang tetap didalam kukusan selama adonan dituang. Ini supaya menjaga agar cake/bolu tidak colapse dan bantat.
  1. Adonan cake/bolu kukus lapis cukup dikukus selama 5-10 menit per lapisnya. Setelah adonannya habis, kukus lagi maksimal 40 menit.
  1. Cake/bolu kukus bisa disimpan di dalam kulkas. Caranya bungkus cake/bolu kedalam plastik. Atau boleh juga masukkan kedalam tupperware. Pastikan ditutup rapat, karena hawa dingin kulkas bisa membuat si cake/bolu kering. Nah, untuk menyantapnya cukup dikukus kembali selama kurang lebih 5-10 menitan. Bolu kukus hangat pun siap disantap kembali.
Oleh: Resep Halal

2 comments:

Angelina Widjaja mengatakan...

kalau masukkin kue saat panci tidak panas ada efeknya juga ya min? Cara Membuat Website Gratis

Arisdian Permata mengatakan...

Mantap nih tipsnya..berguna bgt krn kemaren abis bikin bolu kok bergelombang atasnya :(

Poskan Komentar