Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika hanya kepadaNya sajalah kamu menyembah

(QS. An Nahl :114)

Tips dan Trik Membuat Ayam Goreng dan Ayam Bakar



Share

Dalam menu kita sehari-hari atau bahkan saat pesta, ayam umumnya dibuat jadi ayam goreng atau ayam bakar. keduanya memang sudah menjadi favorit sejak dahulu. Pembuatannya pun mudah. Mudah-mudahan dengan memperhatikan beberapa tips dan trik berikut kita mampu menyuguhkan hidangan olahan ayam yang lebih istimewa.


Tips dan Trik Membuat Ayam Goreng dan Ayam Bakar
  1. Cuci ayam dengan air jeruk lemon atau jeruk nipis, terutama jika menggunakan ayam negeri. Air jeruk akan membantu menghilangkan bau amis.
  2. Ayam goreng dan ayam bakar dinilai enak kalau bumbunya bisa meresap sampai ke dalam ayam. Untuk menghasilkan ayam seperti itu, ungkep ayam agak lama. Gunakan api kecil saat merebus ayam dalam bumbu supaya ayam tidak keburu matang sementara bumbunya belum meresap. Bagus juga kalau sebelum direbus pun, ayam sudah direndam bumbu max 30 menit.
  3. Ayam yang tidak diungkep sebelum digoreng/dibakar, harus direndam dulu dalam bumbu. Tusuk-tusuk ayam atau kerat-kerat agar bumbu meresap kedalam ayam. Kalau mau enak, rendam ayam semalaman di dalam  bumbu dan simpan didalam kulkas. Penusukan atau pengeratan ayam juga membuat si ayam lebih cepat matang.
  4. Ayam goreng yang enak adalah ayam goreng yang kering dibagian luar, tetapi basah di dalam. Untuk mendapatkan ayam goreng seperti itu, gorenglah ayam di api besar. Selama digoreng, tutup wajan. Ayam yang digoreng diatas api kecil akan menjadi keras karena butuh waktu lama untuk mengeringkannya.
  5. Untuk mendapatkan ayam bakar yang enak, sebaiknya bakar ayam diatas bara api, bukan didalam oven. Kipasi arang sedemikian rupa agar api tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil supaya ayam tidak terlalu keras. Hati-hati ya kalau menyalahkan arang menggunakan minyak tanah. Jauhkan ayam dari bara agar ayam tidak bau minyak tanah.
  6. Baik ayam goreng atau ayam bakar lebih enak dimakan hangat-hangat . Karena itu goreng dan bakarlah ayam pas mau disajikan.
  7. Mulai sekarang jangan buang kuah rebusan/ungkepan ayam ya!. Kuah sisa rebusan ayam bisa digunakan untuk merebus tempe/tahu dan telur. Hasilnya akan lebih gurih dan nikmat.
Oleh: Resep Halal

3 comments:

Unknown mengatakan...

kalau untuk 1 ekor ayam biasanya dikukus berapa lama min? Cara Membuat Website Gratis

Risna mengatakan...

Kalo aku seringnya sebelum dimasukin dalam tepung, rendam potongan ayam dalam susu biar kadar airnya berkurang trs pas digoreng jd makin crispy dan gurih

seravina danniella mengatakan...

terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat

serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan

alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

regards,
oxone

Posting Komentar